Senin, 13 Januari 2020

TUGAS SOFTSKILL 4 - MANAJEMEN PEMASARAN REV. INDUSTRI 4

TUGAS KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN
ERA REV. INDUSTRI 4 :

MAKALAH TENTANG HUBUNGAN ANTARA MARKETING MIX (4P) DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI (INTERNET)


Nama                           : Muhamad Reza Syahputra
NPM                           : 15216049
Jenjang / Jurusan         : S1/Manajemen
Dosen                          : Joko Utomo, SE., MMSI
Mata Kuliah                : Manajemen Pemasaran Era Rev. Industri 4



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2020

Marketing mix yang terdiri dari 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Hingga saat ini, 4P masih memegang peran dalam formulasi dan implementasi strategi pemasaran. Dalam makalah ini saya menggunakan teori marketing mix khususnya Promotion sebagai dasar media pemasaran konvensional yang kemudian akan diadaptasi ke dalam media pemasaran secara online.


Menurut Kotler dalam buku Manajemen Pemasaran menyebutkan bahwa Product (Produk) adalah adalah solusi kepada keinginan pelanggan dan/atau kebutuhan. Produk mengacu pada karakteristik suatu produk, layanan, atau brand. Internet menyediakan pilihan terhadap berbagai inti produk, pilihan untuk mengubah perluasan produk, memiliki peran dalam penelitian online dan kecepatan dalam pengembangan produk baru . Banyak sekali produk-produk yang saat ini dijual melalui layanan online berbentuk website. Perusahaan mampu menjadikan website sebagai wahana dalam melakukan kustomisasi produk yang akan dibeli oleh pelanggan, misalnya perusahaan Windows. Selain itu, layanan purna jual misalnya update driver, panduan pengguna, atau software dapat di-download secara langsung melalui website. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa internet menyediakan sebuah cara dan metode baru untuk mengumpulkan feedback pelanggan secara lebih cepat dan mempercepat pengembangan produk baru hingga proses percobaan produk baru secara lebih cepat dan efektif. Informasi produk baru itupun mampu menyebar lebih cepat dan luas .

Price (harga) merupakan elemen yang paling fleksibel dari ketiga komponen marketing mix. Perusahaan mampu menggunakan internet untuk membangun harga yang berbeda untuk pelanggan yang berbeda pula di berbagai belahan dunia sesuai dengan teknologi berdasarkan Internet Protocol (IP) Address. Bahkan, melalui teknologi internet, pelanggan mampu membandingkan harga untuk produk yang sama akan tetapi pada website yang berbeda-beda. Selain itu, internet juga mampu mengurangi harga jual tiap produk dengan mengurangi biaya operasional toko dan jumlah pegawai.

Place (tempat) adalah komponen marketing mix yang menjelaskan pada bagaimana suatu produk didistribusikan kepada pelanggan. Metode baru dari pendistribusian barang melalui penjualan online disediakan melalui peningkatan teknologi internet. Hal ini memungkinkan pelanggan membuat keputusan pembelian dimanapun dan kapanpun. Internet memiliki pengaruh yang paling baik dalam Place pada marketing mix dikarenakan internet memiliki pasar yang sangat luas. Selain itu, perusahaan mampu melakukan perluasan bisnis dengan cukup mudah ke pasar internasional melalui internet.

Promotion (promosi) merupakan komponen marketing mix yang mengacu pada bagaimana komunikasi pemasaran digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan dan pemegang kepentingan lainnya mengenai sebuah organisasi maupun produk-produknya. Internet dapat digunakan sebagai media baru untuk mengimplementasikan setiap komponen untuk mengkomunikasikan layanan maupun produk seperti iklan, promosi penjualan, Public Relation, dan pemasaran secara langsung.

Banyak perusahaan masih menggunakan Marketing Mix (4P) yang 4 Poin, yaitu Product,Price (harga), Place (tempat dan distribusi), dan Promotion. Padahal pada kenyataannya sekarang sudah ada tentang konsep Marketing Mix yang baru atau lebih dikenal dengan New Marketing Mix (7P) yang terdiri dari 7 poin, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Packaging. 

7P merupakan pengembangan pemikiran yang disampaikan oleh Phillip Kotlerdari yang sebelumnya yaitu 4P, pengembangan ini dilakukan karena ada beberapa aspek yang dulunya tidak begitu diperhatikan menjadi faktor penentu dalam dunia pemasaran, People, Procces, & Packaging merupakan representasi dari Pertimbangan, Konsistensi dan Konfirmasi. Karena itulah kotler merasa perlu ditambahkannya 3 aspek ini dalam marketing mix. Ketiga aspek ini ditambahkan untuk menunjang bisnis yang berhubungan dengan jasa. Kombinasi antara bisnis dan internet akan memunculkan suatu pelayanan atau biasa disebut jasa. Hal ini dapat kita amati dari sistem yang digunakan oleh sebuah website yang menjual barang. 

Di websitenya mereka akan menyertakan bagaimana cara memesan, bagaimana mengirimkan, bagaimana lainnya yang berhubungan dengan pelayanan terhadap konsumen yang biasa terdapat dalam perusahaan jasa. Jelas sudah bahwa new marketing mix dalam bisnis internet merupakan salah satu faktor pendukung agar bisnis internet itu sendiri berjalandengan baik.Selain itu dengan adanya bisnis internet maka semakin berkembang juga pemikiran tentang teori-teori bisnis lainnya terutama dalam bidang marketing.

Maka kesimpulannya adalah semua point didalam Marketing Mix (4P) ataupun New Marketing Mix (7P) saling terintegrasi terhadap Teknologi Informasi (Internet) dimana Teknologi Informasi memang bukan bagian daripada Marketin Mix, tetapi setiap poin didalam Marketing Mix memiliki hubungan dan terintegrasi terhadap Teknologi Informasi.


Contohnya perusahaan PT. LG Electronics yang berhasil dalam pemanfaatan teknologi yaitu, PT. LG Electronics memiliki suatu portal yang terdiri dari sistem-sistem yang dapat diakses oleh semua pegawai PT. LG Electronics yang berada di seluruh belahan negara. Portal tersebut dinamakan LG Electronics Enterprise Portal atau dapat disingkat dengan LGEP. Seluruh pegawai yang telah memiliki akses resmi dapat menggunakan portal ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Akses tersebut berupa e-mail yang didapatkan secara resmi dari PT. LG Electronics. Sehingga dengan log in menggunakan e-mail tersebut ke dalam portal ini seluruh pegawai akan mendapatkan atau memberikan informasi terbaru mengenai data-data perusahaan. Namun, portal dan e-mail ini hanya dapat diakses di lingkungan perusahaan saja. Sistem juga disebut dengan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS.



                    DATA LAPORAN PENJUALAN LG ELECTRONICS INC
 

Sumber Data Investing.com
 
Berdasarkan data laporan penjualan LG Electronics Inc diseluruh dunia, penjualan di Quarter – 4 tahun 2017 naik drastis hingga Juni 2019. Sehingga membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh terhadap penjualan. Maka Teknologi Informasi sangatlah berpengaruh bagi menunjang keberhasilan strategi dari Marketing Mix.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar