TUGAS KULIAH MANAJEMEN
PEMASARAN
ERA REV. INDUSTRI 4 :
MAKALAH TENTANG HUBUNGAN
ANTARA MARKETING MIX (4P) DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI (INTERNET)
Nama : Muhamad Reza
Syahputra
NPM : 15216049
Jenjang / Jurusan : S1/Manajemen
Dosen :
Joko Utomo, SE., MMSI
Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran Era Rev.
Industri 4
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2020
Sumber Data Investing.com
Marketing
mix yang terdiri dari 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Hingga
saat ini, 4P masih memegang peran dalam formulasi dan implementasi strategi
pemasaran. Dalam makalah ini saya menggunakan teori marketing mix khususnya
Promotion sebagai dasar media pemasaran konvensional yang kemudian akan
diadaptasi ke dalam media pemasaran secara online.
Menurut
Kotler dalam buku Manajemen Pemasaran menyebutkan bahwa Product (Produk) adalah
adalah solusi kepada keinginan pelanggan dan/atau kebutuhan. Produk mengacu
pada karakteristik suatu produk, layanan, atau brand. Internet menyediakan
pilihan terhadap berbagai inti produk, pilihan untuk mengubah perluasan produk,
memiliki peran dalam penelitian online dan kecepatan dalam pengembangan produk
baru . Banyak sekali produk-produk yang saat ini dijual melalui layanan online
berbentuk website. Perusahaan mampu menjadikan website sebagai wahana dalam
melakukan kustomisasi produk yang akan dibeli oleh pelanggan, misalnya
perusahaan Windows. Selain itu, layanan purna jual misalnya update driver,
panduan pengguna, atau software dapat di-download secara langsung melalui
website. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa internet menyediakan sebuah cara dan
metode baru untuk mengumpulkan feedback pelanggan secara lebih cepat dan
mempercepat pengembangan produk baru hingga proses percobaan produk baru secara
lebih cepat dan efektif. Informasi produk baru itupun mampu menyebar lebih
cepat dan luas .
Price
(harga) merupakan elemen yang paling fleksibel dari ketiga komponen marketing
mix. Perusahaan mampu menggunakan internet untuk membangun harga yang berbeda
untuk pelanggan yang berbeda pula di berbagai belahan dunia sesuai dengan
teknologi berdasarkan Internet Protocol (IP) Address. Bahkan, melalui teknologi
internet, pelanggan mampu membandingkan harga untuk produk yang sama akan
tetapi pada website yang berbeda-beda. Selain itu, internet juga mampu
mengurangi harga jual tiap produk dengan mengurangi biaya operasional toko dan
jumlah pegawai.
Place
(tempat) adalah komponen marketing mix yang menjelaskan pada bagaimana suatu
produk didistribusikan kepada pelanggan. Metode baru dari pendistribusian
barang melalui penjualan online disediakan melalui peningkatan teknologi
internet. Hal ini memungkinkan pelanggan membuat keputusan pembelian dimanapun
dan kapanpun. Internet memiliki pengaruh yang paling baik dalam Place pada
marketing mix dikarenakan internet memiliki pasar yang sangat luas. Selain itu,
perusahaan mampu melakukan perluasan bisnis dengan cukup mudah ke pasar
internasional melalui internet.
Promotion
(promosi) merupakan komponen marketing mix yang mengacu pada bagaimana komunikasi
pemasaran digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan dan pemegang
kepentingan lainnya mengenai sebuah organisasi maupun produk-produknya.
Internet dapat digunakan sebagai media baru untuk mengimplementasikan setiap
komponen untuk mengkomunikasikan layanan maupun produk seperti iklan, promosi
penjualan, Public Relation, dan pemasaran secara langsung.
Banyak
perusahaan masih menggunakan Marketing Mix (4P) yang 4 Poin, yaitu
Product,Price (harga), Place (tempat dan distribusi), dan Promotion. Padahal
pada kenyataannya sekarang sudah ada tentang konsep Marketing Mix yang baru
atau lebih dikenal dengan New Marketing Mix (7P) yang terdiri dari 7 poin,
yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Packaging.
7P
merupakan pengembangan pemikiran yang disampaikan oleh Phillip Kotlerdari yang
sebelumnya yaitu 4P, pengembangan ini dilakukan karena ada beberapa aspek yang
dulunya tidak begitu diperhatikan menjadi faktor penentu dalam dunia pemasaran,
People, Procces, & Packaging merupakan representasi dari Pertimbangan,
Konsistensi dan Konfirmasi. Karena itulah kotler merasa perlu ditambahkannya 3
aspek ini dalam marketing mix. Ketiga aspek ini ditambahkan untuk menunjang
bisnis yang berhubungan dengan jasa. Kombinasi antara bisnis dan internet akan
memunculkan suatu pelayanan atau biasa disebut jasa. Hal ini dapat kita amati
dari sistem yang digunakan oleh sebuah website yang menjual barang.
Di
websitenya mereka akan menyertakan bagaimana cara memesan, bagaimana
mengirimkan, bagaimana lainnya yang berhubungan dengan pelayanan terhadap
konsumen yang biasa terdapat dalam perusahaan jasa. Jelas sudah bahwa new
marketing mix dalam bisnis internet merupakan salah satu faktor pendukung agar
bisnis internet itu sendiri berjalandengan baik.Selain itu dengan adanya bisnis
internet maka semakin berkembang juga pemikiran tentang teori-teori bisnis
lainnya terutama dalam bidang marketing.
Maka
kesimpulannya adalah semua point didalam Marketing Mix (4P) ataupun New
Marketing Mix (7P) saling terintegrasi terhadap Teknologi Informasi (Internet)
dimana Teknologi Informasi memang bukan bagian daripada Marketin Mix, tetapi
setiap poin didalam Marketing Mix memiliki hubungan dan terintegrasi terhadap Teknologi
Informasi.
Contohnya
perusahaan PT. LG Electronics yang berhasil dalam pemanfaatan teknologi yaitu, PT.
LG Electronics memiliki suatu portal yang terdiri dari sistem-sistem yang dapat
diakses oleh semua pegawai PT. LG Electronics yang berada di seluruh belahan
negara. Portal tersebut dinamakan LG Electronics Enterprise Portal atau dapat
disingkat dengan LGEP. Seluruh pegawai yang telah memiliki akses resmi dapat
menggunakan portal ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Akses
tersebut berupa e-mail yang didapatkan secara resmi dari PT. LG Electronics.
Sehingga dengan log in menggunakan e-mail tersebut ke dalam portal ini seluruh
pegawai akan mendapatkan atau memberikan informasi terbaru mengenai data-data
perusahaan. Namun, portal dan e-mail ini hanya dapat diakses di lingkungan
perusahaan saja. Sistem juga disebut dengan Global Digital Logistic System atau
dapat disingkat dengan GDLS.
|
Berdasarkan
data laporan penjualan LG Electronics Inc diseluruh dunia, penjualan di Quarter
– 4 tahun 2017 naik drastis hingga Juni 2019. Sehingga membuktikan bahwa
pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh terhadap penjualan. Maka Teknologi
Informasi sangatlah berpengaruh bagi menunjang keberhasilan strategi dari
Marketing Mix.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar